Penuh Semangat, Karantina Palembang Dukung Agro Gemilang

Dunia industri tengah memasuki era baru yang disebut Revolusi Industri 4.0. Tak hanya ramai jadi perbincangan dunia, tapi gaung soal industri generasi keempat ini juga terus dibahas di Indonesia karena ini menjadi sebuah tantangan, mau tak mau harus dihadapi, kalau tidak akan ketinggalan.

Dalam menghadapi era tersebut, Kementerian pertanian melalui Badan Karantina Pertanian bergerak cepat meluncurkan Program Agro Gemilang yaitu Ayo Galakkan Ekspor Generasi Milenial Bangsa yang dilakukan secara serentak di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Karantina Pertanian di seluruh Indonesia dengan tujuan menggerakan pemuda tani berorientasi ekspor.

Demikian halnya dengan Karantina Palembang, penuh semangat mendukung Program Agro Gemilang melalui sosialisasi Karantina Pertanian dan upaya akselerasi ekspor kelapa bulat yang dilaksanakan di SMKN 1 Gelumbang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, pada hari Jumat (1/2) dengan jumlah peserta 90 Orang yang terdiri pelajar dan guru SMKN 1 Gelumbang.

Sosialisasi berlangsung lancar dan para pelajar sangat antusias menyampaikan berbagai pertanyaan diantaranya terkait dengan aturan ekspor, terutama ekspor kelapa bulat.

Baca Juga :   Karantina Pertanian Palembang Laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila

Menurut Kepala Karantina Palembang, Bambang Hesti Susilo, bahwa Karantina adalah sebagai instrumen perdagangan Internasional, jadi salah satu tugas utama karantina agar ekspor komoditas kita dapat diterima oleh negara tujuan.

Hal ini disampaikan pada saat memberi sambutan di depan peserta sosialisasi.

“Kenapa ekspor? Harga ekspor sekian kali lipat dibandingkan harga domestik, sehingga petani mendapat nilai tambah, dan komoditas ekspor memiliki berbagai persyaratan negara tujuan. Maka untuk itulah tugas karantina sebagai instrumen perdagangan internasional” tegasnya.

Sebagai Narasumber yaitu Ichwandi Kabid Informasi Perkarantinaan Badan Karantina Pertanian dan Pemateri Feri Kornida. Turut menghadiri Kasi Karantina Tumbuhan Anita Setyawati, Kasi Pengawasan dan penindakan A.Rizal.Nasution dan Koordinator Fungsional Karantina Tumbuhan Nelly Haryani.

Semoga dengan kegiatan Agro Gemilang ini generasi milenial zaman now akan semakin terbuka wawasannya dan semakin bersemangat menjadi salah satu bagian dari petani milenial.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*